Dua Hal Untuk Banjirnya Dua Sungai Jateng

oleh

Beberapa hari terakhir hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah di Jawa Tengah. Melihat kondisi penanganan sungai oleh pemerintah provinsi Jateng beberapa bulan terakhir ini nampak perlu perencaan yang lebih matang.

Meskipun memang hanya dua sungai yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi Jateng, namun dari sungai Pemali dan Sungai Bodri Kuto ini sering sekali mengakibatkan banjir.

Hingga saat ini kedua sungai tersebut kerap menjadi penyebab banjir itu sendiri. Dengan banyaknya sungai di Jateng tetapi pemprov hanya memiliki kewenangan dua sungai, harapannya mampu untuk ditangani secara menyeluruh.

Setidaknya ada 40 titik tanggul yang rawan jebol karena volume air yang meluap. Sehingga sangat diharapkan keseriusan pemerintah dengan melakukan 2 hal berikut:

Untuk jangka pendek ada 2 hal yaitu penguatan tanggul dari bagian belakang serta penguatan dinding sungai dengan membangun skrep dan bronjong.

Sedangkan yang kedua untuk jangka panjang, diharapkan pemerintah serius untuk melakukan normalisasi pelurusan alur sungai sehingga insiden tanggul sungai yang jebol tidak terulang kembali. Jangan sampai hanya dua sungai kewenangan provinsi namun jadi titik langganan banjir disejumlah desa sepanjang daerah aliran sungai (DAS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *