Ngevlog di Hutan Pinus Mangunan Jogja

oleh

SALAH satu wisata alternatif yang bisa Anda kunjungi di wilayah yang cukup terjangkau, utamanya masyarakat Jawa Tengah dan DI Yogyakarta adalah hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul.

Kawasan wisata ini merupakan salah satu hutan pinus alternatif selain hutan pinus top selfie Magelang. Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini memang berdekatan dengan tempat wisata seperti perkebunan Mangunan hingga area makan raja-raja kesultanan Mataram Yogyakarta.

Nah, alhamdulillah saya, bersama vlogger handal mas Ashim sempat membuat video blog saat berada di kawasan tersebut, pertengahan oktober lalu.

Untuk diketahui, hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini merupakan area terbuka yang sangat menawan. Pohon-pohon tinggi yang menjulang akan menjadi pesona tersendiri bagi pasangan untuk melakukan selfie romantis di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul memang sangat tinggi sehingga membentuk seperti kanopi alami. Saat berada di bawah pepohonan hutan pinus ini, berkas cahaya yang masuk akan terlihat sangat indah terutama disaat pagi hari. Tak heran jika Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Hutan ini konon awalnya merupakan tanah tandus yang tak memiliki kehidupan. Hingga akhirnya mengalami penghijauan dengan ditanami pohon pinus. Kawasan hutan pinus yang indah ini merupakan kawasan yang dikelola oleh pengelola hutan Mangunan. Namun secara administratif kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini masih dalam tataran wilayan Imogiri.

Cara menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul tidak terlalu sulit. Lokasinya berada di bagian selatan Yogyakarta. Cara yang paling mudah adalah dengan menyusuri jalan Imogiri Timur. Dengan menelusuri jalan menuju makam raja Imogiri Bantul.

Sebelum mencapai makan Imogiri Bantul terdapat sebuah pertigaan menuju arah Mangunan. Jalur yang dilalui akan terbelah ke dua tujuan, salah satunya adalah kebun buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Akses jalan sudah cukup bagus namun sangat disarankan menggunakan kendaraan tinggi karena medan jalan yang cukup menanjak.

Kawasan hutan pinus ini memang kerap dijadikan sebagai tempat wisata anak muda generasi jaman now. Tak heran jika kawasan ini sangat dikenal di sosial media seperti Instagram. Panggung dan bangku-bangku penonton didesain setengah lingkaran. Semua fokus mengarahkan bangku-bangku pada panggung.

Bahan bangku dan panggung semua diambil dari kayu pohon yang masih terlihat bentuk aslinya. Inilah yang menjadikan kawasan panggung ruang terbuka Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta menjadi unik dan menarik.

Jika baru bisa berkunjung saat akhir pekan, datanglah lebih awal pagi-pagi sekali agar bisa benar-benar mengeksplorasi lebih banyak sudut untuk selfie atau foto-foto keindahan alam Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul saat mentari baru muncul.

Selamat menikmati keindahan hutan pinus Mangunan.

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *