Jalan Pantura, Tengah dan Selatan Sudah Baik, Jangan Hanya Fokus Lewat Tol

oleh
Saat berbincang seputar mudik Lebaran pada Senin (5/6/2017) kemarin.
Saat berbincang seputar mudik Lebaran pada Senin (5/6/2017) kemarin.

BEBERAPA hari jelang momen mudik Lebaran, saya harapkan para pemudik yang melintas di Jateng tidak hanya terfokus untk melintas di jalur tol. Sebab, infrastuktur sudah bagus dan lebar, baik jalur Pantura, tengah maupun selatan. Langkah itu juga sebagai salah satu antisipasi, agar tak terjadi kemacetan padat seperti yang terjadi saat mudik tahun lalu.

Saat ini, pantauan mudik akan melibatkan anggaran dan perhatian luar biasa dari berbagai pihak. Hal itu tidak sekedar memindahkan orang dari Jakarta ke daerah, tetapi di dalamnya terdapat berbagai aspek yang berhubungan dengan transportasi. Jalur-jalur alternatif melalui jalur tengah dan selatan, saat ini harus dipromosikan dan kita sudah menghabiskan anggaran Rp 2,8 triliun untuk memperbaiki infrastuktur.

Memang, Pemprov melakukan persiapan untuk menyambut pemudik di Jateng. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diwaspadai, seperti masih minimnya penerangan dan rambu lalu lintas. Ini harus menjadi perhatian, karena rambu jalan dan penerang sangat penting bagi pemudik.

Saya mengapresiasi langkah pemerintah, yang memastikan untuk bisa menggunakan tol fungsional yang menghubungkan ruas Brebes Timur-Weleri dan Kaliwungu hingga Ngaliyan. Sebab, ruas tol sudah dibeton dengan ketebalan 10 centimeter.

Dengan catatan pembuatan jalan baru ini menelan angaran hingga Rp 73 miliar, hanya untuk operasional selama 20 hari selama arus balik-mudik. Habis itu nanti dibongkar lagi, sebenarnya jelas ini keputusan yang mahal. Ini membuktikan ika mudik mahal.

Saya juga menyambut baik langkah yang dilakukan jajaran Dishub Prov Jateng dengan Direktorat Lalu Lintas. Menurutnya kerja sama baik ini juga turut serta andil masyarakat serta pihak swasta ikut membantu mengatasi polemik kemacetan yang diharapkan dapat ditekan.

Perlu kerja sama yang baik antara pihak-pihak yang terkait dengan masyarakat hingga menggandeng pihak swasta. Dari pihak legislatif berupaya agar upaya pengerasan dan peningkatan jalan provinsi dapat selesi sebelum arus mudik mulai berjalan. Diprediksi penggunaan kendaraan pribadi yaitu mobil akan meningkat pesat lebaran tahun ini.

Selamat mudik Lebaran.

 

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *