Ini 11 Pintu Keluar Sementara Tol Brebes Timur-Weleri yang Perlu Diketahui Pemudik

oleh

MULAI pekan depan, agenda mudik Lebaran tahun 2017 dimulai. Pada tahun ini, kita mengetahui bersama bahwa pemerintah telah menyediakan jalur tol sementara yang dapat digunakan secara fungsional dari Brebes Timur hingga Weleri dengan jarak total 113 kilometer. Adapun rinciannya adalah jarak tol Pejagan hingga Brebes Timur sepanjang 20,2 km, Brebes Timur-Pemalang 37,35 km, Pemalang-Batang 39,2 Km dan Batang-Weleri sepanjang 36,45 km.

Dari jalur tersebut, setidaknya ada 11 pintu keluar (exit tol) sementara yang disediakan. Exit tol ini digunakan jika Anda, para pemudik hendak mengakhiri perjalanan mudik Anda di sekitar daerah tersebut, atau jika kondisi tol macet dan Anda bisa beralih ke jalur nasional pantura atau jalur alternatif.

Ada sebanyak tiga exit tol di wilayah Kabupaten Tegal, yakni di wilayah Ujung Rusi, Karangjati, dan Warureja. Jika Anda hendak mengakhiri perjalanan atau mampir ke pusat kuliner, berbagai macam kuliner juga tersedia di Kabupaten Tegal, seperti telur asin, sate kambing muda dan berbagai olahan lezat lainnya. Atau Anda hendak beristirahat sejenak di obyek wisata, di kabupaten Tegal ada obyek wisata seperti Pantai Purwahamba Indah (Purin) dan wisata air panas Guci.

Selanjutnya, exit tol di wilayah Pemalang ada di wilayah Sewaka dan Beji. Di Kabupaten Pemalang sendiri terdapat macam-macam kuliner dan wisata, seperti nasi grombyang dan wisata pantai Widuri. Beranjak ke Pekalongan, jalur tol sementara menyediakan satu exit tol di wilayah ini, yakni exit tol di Kecamatan Bojong.

Jika di Pekalongan, jangan tanya lagi, banyak wisata yang bisa Anda jadikan oleh-oleh, terutama penggemar batik khas pekalongan. Untuk wilayah Kabupaten Batang, ada lima exit tol, yakni Kandeman, Tulis, Kedungsogong, Banyuputih dan Gringsing. Jika hendak menikmati kuliner khas Batang, tak ada salahnya Anda mencicipi nasi megono.

Selain itu, perlu kami informasikan juga kepada para pemudik, bahwa jalur tol fungsional ini dapat dilintasi kendaraan 2 lajur (1 arah) untuk arus mudik maupun balik dengan kapasitas kendaraan 4600 kendaraan per jam. Saat ini, perkerasan jalan timbunan dan beton tipis 10 cm dengan maksimal muatan per gandar 5 ton. Struktur (jembatan dan box) selesai atau jembatan sementara untuk 2 lajur jika belum selesai.

Kondisi exit sementara sendiri semuanya terdapat pada rencana simpang susun (pertemuan jalan nasional/Provinsi/Kabupaten), sehingga memudahkan Anda jika ingin mencari bahan bakar di SPBU terdekat, atau hendak berwisata. Selain itu, kondisi rambu dan marka sementara, penerangan di beberapa lokasi sesuai kebutuhan, sehingga Anda perlu tetap mewaspadai, karena sekali lagi jalur tol ini masih fungsional.

Selamat mempersiapkan mudik Lebaran.

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *