Ini Cara Daftar Mudik Gratis ke Jateng Pada Lebaran 2017, Monggo Daftar

oleh

ADA yang tanya ke kami apakah Pemerintah Provinsi menyediakan layanan mudik gratis Lebaran tahun ini, jawabnya ada. Monggo yang mau ikut berangkat , bisa cocokan tanggalnya Tapi yang penting juga segera daftar on line mudikgratis.dephub.go.id, secara offline di Badan penghubung Provinsi Jateng. (Kantor perwakilan) atau di Taman Mini Anjungan Jateng .

Selain itu offline di GOR Bulungan Blok M, Dishub Kota Tangerang, Dishub Kota Tangsel, Dihub Kota Depok dan Dishub Kota Bekasi. Informasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Pemprov menyediakan bus dan kereta api, yang rencananya diberangkatkan pada 22 Juni 2017.

Kereta api yang digunakan adalah KA Gajah Wong dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.45, jurusan Pasar Senen-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo, dengan kapasitas 720 penumpang.

Ada pula KA Menoreh (kapasitas 640 penumpang) berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 20.30, dengan rute Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Weleri-Semarang Tawang, serta KA Jaka Tingkir (kapasitas 608 penumpang), berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.00 menuju Purwokerto-Tambak-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Purwosari Solo.

Pemprov bekerjasama dengan sejumlah pihak, menyediakan 177 bus dengan kapasitas 9.123 penumpang. Upaya ini untuk meringankan beban biaya warga asal Jateng yang ingin mudik. Para pemudik diberangkatkan dari Area Parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur pada 20 Juni mendatang. Rencananya Bapak Gubernur yang akan melepas.

Pendaftaran calon peserta mudik gratis dengan menggunakan bus, akan dibuka mulai Rabu (17/5/2017) pukul 08.00, di Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Jl Prapanca II No 11 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sementara, pemudik dengan kereta api dilakukan pada Senin (22/5/2017) mulai pukul 08.00 WIB di tempat yang sama.

Pada saat mendaftar, calon pemudik harus datang sendiri, tidak dapat diwakilkan. Mereka juga harus menunjukkan dokumen asli dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) domisili daerah asal Jateng atau KTP musiman, Kartu Keluarga (KK), surat keterangan jalan atau boro yang masih berlaku. Calon pemudik adalah bekerja di sektor informal, semisal pembantu rumah tangga, buruh pabrik, pedagang asongan, masyarakat yang kurang mampu, dan sejenisnya.

Untuk sarana bus dan kereta api, waktu pendaftaran mulai Rabu 17 Mei 2017 (untuk bus) ; 22 Mei 2017 (untuk kereta) dengan rute untuk bus adalah kota di Jateng. Sedangkan Kereta api memiliki rute KA Gajah Wong dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.45, jurusan Pasar Senen-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo, dengan kapasitas 720 penumpang.

KA Menoreh (kapasitas 640 penumpang) berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 20.30, dengan rute Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Weleri-Semarang Tawang, serta KA Jaka Tingkir (kapasitas 608 penumpang), berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.00 menuju Purwokerto-Tambak-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Purwosari Solo.

Untuk waktu keberangkatan untuk bus adalah 20 Juni 2017, berangkat dari area parkir Museum Purna Bakti Taman Mini Indonesia Indah (TMMI), sedangkan Kereta api berangkat 22 Juni 2017, berangkat dari Stasiun Senen. Untuk pendaftaran, akan dilakukan di Kantor Badan Penghubung Jateng di Jl. Prapanca II/11. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Calon pemudik harus menyerahkan dokumen asli dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) domisili daerah asal Jateng atau KTP musiman, Kartu Keluarga (KK), surat keterangan jalan atau boro yang masih berlaku. Peserta yang menggunakan KTP hanya diperbolehkan membawa satu orang lainnya.

Sementara peserta yang menggunakan KK diperbolehkan membawa tiga orang lainnya yang namanya ada di KK. Pendaftar juga harus menyertakan nomor telepon saat pendaftaran. Kriteria pemudik yang diperbolehkan mengikuti mudik gratis Lebaran 2017 yang digelar Badan Penghubung Jateng itu antara lain pembantu rumah tangga, tukang ojek, pedagang asongan, kuli bangunan, sopir bajaj, buruh pabrik, dan tukang sayur.

Buruan selak kehabisan seat, Jangan lupa pula motor juga boleh Kok ikut dinaikkan truk atau kereta API.

 

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *