Cerita dari Reses: ini Makna Politik yang Sebenarnya

oleh
SAAT RESES. Kami berdialog dengan warga, dan mereka senang menyampaikan keluh kesahnya.
SAAT RESES. Kami berdialog dengan warga, dan mereka senang menyampaikan keluh kesahnya.

ADA banyak sekali inspirasi yang kami temukan dalam setiap momen bertemu dengan konstituen di agenda reses DPRD. Demikian pula halnya seperti saat berkunjung dan bersilaturahmi ke salah satu desa di Kabupaten Sragen.

Masyarakat bercerita bahwa mereka dulu mereka punya masalah, karamba mereka mati dimakan bawal merah, namun mereka juga didampingi sampai masalahnya tuntas.  

Sementara, di tempat lain, ada juga kisah, sulitnya air untuk kebutuhan air bersih, dengan berbagai Cara akhirnya terwujudlah sebuah sumber air yang permanen.

Bahkan kami mendengar juga banyak kisah soal menjebol jalur antar desa, saluran Irigasi, alat pertanian dan banyak semua cerita tentang rembug Desa dan penyelesaian nya. Semuanya berjalan dengan suka cita karena bisa menjadi bagian dari solusi.

Tetapi ternyata, ada pula cerita sebaliknya, ketika dikabari “Mohon maaf semalam kami dibom amplop, nyuwun pangapunten ada intimidasi, kami dijanjikan ini itu, diberi semen, tarub, seragam sehingga saat pemilu desa kegembiraan itu berubah menjadi desa kesedihan,”kata seseorang kepada kami.

ASPIRASI TERSALURKAN. Warga bersuka cita akan segera mendapatkan jalan baru yang lebih baik.

Bahkan ternyata ada juga cerita bahwa masyarakat desa terlalu besar menaruh harapan. Harapan diperhatikan, harapan diberi, harapan dibangun dan harapan-harapan lain. Namun tidak jarang mereka menjadi pihak pertama yang terlupakan.

Jika seperti ini, seolah pemilu sekedar saling memanfaatkan dan saling mengelabuhi. Seolah pemilahan hanya pelampiasan, kalau ndak sekarang Kapan lagi, menipu atau ditipu. Benarkah itu politik? Apakah itu definisi politik? Bagi kami, itu bukan hakekat politik, itu bukan karakter politik.

Lalu apa sebenarnya politik itu, kata sederhana yang mewakilinya adalah ketulusan. Mungkin, atau Ada yang lain?

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *