Penanganan Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Tak Tuntas

oleh

Pemerintah perlu segera menuntaskan penanganan jalan tembus Tawangmangu-Sarangan (Magetan) yang kerap longsor. Terakhir kali, terjadi longsor di jalur tersebut tepatnya di Dusun Ngledok, Desa Gondosuli, Karanganyar.

Menurut saya, perlu ada penanganan teknis yang serius supaya kejadian serupa tidak terulang lagi. Di sepanjang jalan itu sering terjadi kecelakaan karena daerah tersebut rawan longsor. Pemerintah provinsi harus memasang deteksi dini bahaya longsor, rambu lalu lintas bahaya longsor dan penerangan jalan umum.

Karena, pada Maret 2016 lalu sempat terjadi longsor juga tidak jauh dari sini, sudah ditangani, tapi titik longsor terus bertambah, kanan kirinya sangat rawan longsor.

Sebelumnya, penanganan tebing yang longsor di jalur tersebut menggunakan dinding penahan tanah foot plat. Mengingat banyak batu di dalamnya, akhirnya tidak bisa dilakukan pengeboran. Sehingga di lokasi yang longsor itu belum bisa tertangani. Bahkan, juga belum dilengkapi vertical drain dan horizontal drain.

Nah, metode penanganan longsor tersebut sudah tepat tapi perlu tindakan preventif. Dari Dinas Bina Marga memang perlu tindakan preventif agar ke depan hal serupa tidak terjadi lagi. Dalam keterbatasan anggaran memang tidak ideal. Tapi paling tidak prioritaskan yg sudah terlihat potensi pergerakan tanahnya aktif.

 

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *