Alhamdulillah, Jalan Solo-Gemolong-Geyer Bertahap Mulus

oleh
Bersama Komisi D saat mengunjungi proyek jalan di Gemolong
Bersama Komisi D saat mengunjungi proyek jalan di Gemolong

JALAN yang menghubungkan Surakarta menuju Purwodadi setahap demi setahap sedang dibetonisasi. Ruas jalan ini melewati Gemolong Kabupaten Sragen. Setelah jembatan Kalicemoro  selesai digandakan akhir 2016 lalu, kini proyek betonisasi sepanjang 1,164 kilometer ini sedang digarap.

Pemerintah Provinsi memprioritaskan jalan ini karena merupakan poros jalan utama dan dilewati muatan besar. Ruas jalan ini sudah tidak ada pilihan harus betonisasi, karena kendaraan dari solo raya yang akan ke timur lewat pantura lewatnya sini. Kita bisa lihat yang lewat ini truk-truk besar bawa muatan sembako, pasir dan kayu log glondongan.

Harapan saya, penyelesaian bertahap hingga akhir 2018 dapat selesai. Harus segera di perbaiki, ada pabrik mebel Pak Jokowi juga diruas jalan ini.

Menurut Kasi Peningkatan Jalan dan Jembatan Bidang Pembangunan Wilayah Timur Bina Marga, Eko Budi Hartanto menjelaskan proyek ini ditarget selesai pada September tahun ini.

Proyek jalan ini sekaligus perlebaran, namun tanpa ada ganti rugi tanah. Nilai kontraknya Rp 5,74 milyar, ada pelebaran semula 5 meter menjadi 7 meter tapi tanpa ganti rugi tanah karena hanya menggunakan ruang milik jalan (rumija) yang sudah ada.

Dari data Bina Marga, sepanjang 1,164 kilometer yang sedang dalam penanganan ini merupakan penanganan jalan dengan kondisi paling rusak.

 

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *