Angkutan BRT Aglomerasi Semarang-Bawen Beroperasi Awal Juli 2017

oleh
Saat bersama Komisi D meninjau persiapan BRT Aglomerasi.
Saat bersama Komisi D meninjau persiapan BRT Aglomerasi.

AGLOMERASI Bus Rapid Transit (BRT), banyak yang bertanya kapan beroperasi ? Jawabannya mulai awal Juli Insya Alloh Semarang – Bawen beroperasi. Kelembagaan yang dipilih koperasi bukan korporasi karena kita ingin penguasa jasa transportasi yang ada ditrayek itu terlibat.

Selain perbaikan fasilitas sarana umum juga pingin mengurangi volume kendaraaan yang lewat route ini. Satu unit BRT trans jateng ini diharapkan mengurangi tiga bis bumel.  Akan dilengkapai E-tiketing dan tracking kendaraaan yang diharapkan membuat nyaman, aman dan ada kepastian bagi para penumpang.

PKS (Perjanjian kerja sama) Trans Jateng – BRT Semarang juga sedang di matangkan agar penumpang Trans Jateng bisa pindah koridor di Semarang dengan biaya tetap (bayar sekali). Rencana tarif antara Rp 3500 sampai RP 4500 buat umum, Rp 1000 buat pelajar tapi Masih terus digodog. Sehingga, tarif dari Bawen-Mangkang-Pedurungan bisa Rp 3500, murah banget.

Pemprov akan sediakan subsidi operational melalui kontrak dengan koperasi. Selama penumpang kurang jumlahnya pemda akan subsidi, harapan kita masyarakat banyak yang minat. Persiapan sudah 70 persen, kemarin kami cek kesiapan bus sedang dikerjakan Oleh New Armada Magelang, asli Jawa Tengah.

Disisi lain, sedikitnya 13.619 orang menanti kehadiran BRT aglomerasi koridor satu Semarang-Bawen ini, dengan rincian rata-rata setiap harinya yang sudah menunggu kehadiran BRTÂ Semarang-Bawen sebanyak 7.112 penumpang, untuk perjalanan mulai dari Bawen, Kabupaten Semarang menuju Kawasan Tawang, Kota Semarang. Untuk arah sebaliknya, dari Kawasan Tawang ke Bawen ada 6.506 orang penumpang yang menunggu.

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *