Ini Perkembangan Baru Ruas Purwantoro-Nawangan, Warga Kismantoro Semoga Dapatkan Jalan yang Baik

oleh
Jalan di Kismantoro-Nawangan
Jalan di Kismantoro-Nawangan

JALAN provinsi yang menghubungkan Purwantoro, Wonogiri, dan Kecamatan Nawangan di Pacitan, Jawa Timur, melalui Kismantoro sering ambles. Bahkan, pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas di jalan itu.

Seperti di jalan provinsi di wilayah Gambiranom, Desa Gambiranom, itu sangat parah. Jalan ambles ke arah Kali Gedek di sisi barat jalan. Kedalaman sungai dari permukaan jalan mencapai belasan meter.

Panjang jalan yang ambles kurang lebih 10 meter. Saat diamati lebih dekat badan jalan yang sebelumnya selebar kurang lebih 5 meter tidak tersisa. Kendati demikian pengguna jalan masih bisa lewat.

Pihak terkait membuat jalan darurat di sisi timur jalan dengan mengikis lereng bukit setinggi lebih dari 5 meter. Bagian tepi jalan yang ambles diberi beberapa tong agar pengguna jalan tidak melintas di dekat area tersebut.

Sementara itu, di Terbis, Desa Kismantoro, tak jauh dari Kantor Kecamatan Kismantoro, juga ada jalan ambles yang cukup parah. Panjang jalan yang ambles lebih dari 8 meter dan dalamnya kurang dari 1 meter.

Bagian tepi jalan yang ambles sudah mengikis sedikit badan jalan. Area jalan ambles diberi sejumlah tong agar pengguna jalan tidak melintas di sekitar lokasi. Ada satu warga yang mengatur lalu lintas supaya kendaraan dari kedua arah tidak melintas bersamaan di lokasi jalan ambles.

Selain terdapat gundukan, jalan itu juga berlubang. Panjang jalan rusak lebih dari 100 meter. Pengendara harus pelan-pelan saat melaju di lokasi agar tidak tergelincir.

Namun ‘derita’ yang menimpa warga setempat yang belum kunjung mendapatkan jalan baik semoga segera berakhir. Jalan Kismantoro ruas Nawangan – Purwantoro nanti akan dibangun dinding penahan tanah dengan penguatan borpille zigzag sedalam 40 meter dan bronjong batu belah sepanjang 46 M untuk ruas yang saat ini longsor.

Karena sisi timur Ada tebing yang cukup tinggi perlu di buatkan horizontal drain yang terbuat dari bronjong batu belah yang dibungkus geomembran. Warga Kismantoro Wonogiri semoga kembali mendapatkan jalan baik .

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *