Agar Perjalanan Lancar dan Nyaman, Monggo Simak Tips Mudik Lebaran 2016

oleh

SEMARANGSedherek, tinggal beberapa hari lagi hari raya Idul Fitri tahun 2016 akan kembali hadir. Salah satu ritual yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia adalah mudik Lebaran. Tradisi mudik lebaran sebentar lagi akan kembali berlangsung di tanah air.

Sebagian perantau akan pulang ke kampung halamannya, demi merayakan hari raya Idul Fitri usai bulan Ramadan. Hampir semua moda kendaraan digunakan oleh pemudik, mulai dari kereta api, bus, sepeda motor, mobil, dan pesawat terbang.

Dikarenakan potensi terjadinya kecelakaan, sakit, atau hal negatif lain di jalanan sangat tinggi. Pemudik harus memperhatikan banyak aspek agar perjalanan mudik mereka aman dan nyaman hingga ke kampung halaman kelak. Nah, namun demikian perlu kiranya memperhatikan beberapa hal sebelum melaksanakan agenda mudik Lebaran. 

1. Kondisi kendaraan 

Bagi Anda yang akan mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan. Lakukan cek rutin, baik itu mesin, ban dan melakukan konsultasi ke layanan servis kendaraan untuk memastikan kendaraan Anda layak jalan.

2. Fisik

Pastikan Anda dan keluarga dalam keadaan sehat walafiat sebelum melalui hari yang melelahkan saat mudik Lebaran. Hal ini penting dilakukan mengingat fisik adalah salah satu hal penting yang wajib terjaga saat mudik Lebaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, jika perlu olahraga teratur sebelum mudik agar fisik terjaga.

 3. Hindari konsumsi obat

Mengantuk adalah salah satu hal yang wajar dalam mudik Lebaran. Namun demikian tetap perlu upaya pencegahan, salah satunya adalah dengan menghindari mengonsumsi obat yang membuat Anda malah semakin ngantuk. Jika terpaksa minum obat, coba beralih ke herbal atau obat alami yang tanpa efek samping.

4. Jika ngantuk dan lelah, tidur di rest area

Selain lelah, salah satu hal yang diwaspadai adalah mengantuk. Jika kondisi ini menimpa Anda, segera menepi dan tidur sebentar. Salah satu tempat paling direkomendasikan untuk tidur adalah rest area atau Pom bensin terdekat.

5. Istirahat

Jika Anda benar-benar merasa lelah saat perjalanan mudik Lebaran, istirahatlah. Jangan paksakan untuk melanjutkan perjalanan. Istirahat bisa dilakukan minimal 15 menit tiap 4 jam di penginapan yang banyak tersedia sepanjang jalur mudik Lebaran.

 6. Patuhi rambu lalu lintas

Untuk menjaga keselamatan dan ketertiban, mematuhi rambu lalu lintas penting untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini dikarenakan angka kecelakaan muncul akibat salah satunya pelanggaran lalu lintas yang kerap terjadi. Pastikan Anda mengenakan helm berstandar nasional jika mudik menggunakan sepeda motor, atau pastikan menggunakan sabuk pengaman jika mudik menggunakan mobil.

 7. Jangan mengangkut muatan melebihi kapasitas kendaraan

Nah, ini perlu diperhatikan juga. Karena jika mengangkut muatan melebihi kapasitas, hal itu justru membahayakan keselamatan Anda. Jika memang barang bawaan Anda banyak, Anda bisa menitipkan ke jasa pengiriman paket untuk meminimalisir muatan yang berlebih.

8. Kendalikan kecepatan kendaraan

Ini penting sekali, jangan ugal-ugalan atau ngebut saat mengemudi. Pastikan kecepatan kendaraan dalam kendali Anda. Jangan bernafsu mengebut meski jalanan sepi, karena hal itu justru bisa membahayakan. Ingat keluarga besar menunggu dirumah.

9. Pakai masker

Polusi udara dan debu akan menjadi pemandangan yang biasa dalam perjalanan mudik Anda, sehingga untuk mengantisipasinya, selalu gunakan masker agar wajah terlindung dari debu-debu yang berterbangan, terutama untuk Anda yang mudik menggunakan sepeda motor.

10. Bawa bekal

Untuk menghindari hal-hal terkait kesehatan saat beli makan di luar, alangkah baiknya Anda menyiapkan bekal dari rumah untuk konsumsi selama perjalanan mudik Lebaran. Selain lebih banyak nutrisi, juga lebih sehat.

 

11. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan

Jika Anda berbuka atau sahur saat perjalanan mudik, pastikan selalu cuci tangan sebelum makan, sehingga sterilitas tangan Anda tetap terjaga.

12. Buang sampah pada tempatnya

Menjaga kesantunan dan kesopanan di jalan salah satunya diwujudkan dengan menjaga kebersihan, yakni tidak membuang sampah sembarangan di jalan. Pastikan jika membuang sampah pada tempat sampah yang tersedia. Jika Anda mudik menggunakan mobil, pastikan mobil Anda dilengkapi tempat sampah.

13. Jangan BAK dan BAB sembarangan

Selain menjaga kebersihan, menjaga kesehatan juga diwujudkan dengan tidak buang air sembarangan. Jika ingin buang air, silahkan mampir ke toilet terdekat.

14. Manfaatkan pos kesehatan yang tersedia

Selalu mengontrol kesehatan lebih baik saat perjalanan mudik. Jika bertemu posko kesehatan, silahkan memanfaatkan dengan melakukan general check up dan konsultasi fisik.

Demikian 15 tips mudik yang bisa Anda lakukan agar perjalanan nyaman dan aman, sampai di tempat mudik dengan lancar, dan merayakan hari kemenangan.

Tentang Penulis: Mas Hadi

Gambar Gravatar
Catatan harian perjalanan, pekerjaan, inspirasi dan semuanya. Juga tentang cinta. Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *